Dari Layar ke Hati Penonton: Menelusuri Dampak Film Arab pada Opini Publik

film arab
Credit: You Will at Twenty

Film Arab sudah lama masuk dan disiarkan di Indonesia, selain karena pemilihan pemerannya yang tepat, pada dasarnya warga Indonesia sangat menyukai budaya Arab dan beragam keindahan kotanya.

Di Indonesia sendiri sudah sedari lama memiliki irisan dengan Arab dan budayanya, apalagi jika menilik sejarah, penyebaran Islam di Indonesia salah satunya melalui para pedagang Arab yang masuk ke Indonesia dahulu kala.

Menelusuri Dampak Film Arab pada Opini Publik

Sampai hari ini pun para keturunan Arab di Indonesia sangat banyak dan masih melestarikan budaya Arab seperti olahan makanan, pakaian dan masih banyak lagi.

Akulturasi yang terjadi sangat cocok untuk sebagian besar warga Indonesia.

Tapi yang mungkin akan menjadi fokus adalah industri film Arab yang akhirnya memberikan banyak sekali impact kepada industri film indonesia, walaupun secara histori justru Arab terpengaruh dengan industri film dari Mesir dengan sinematiknya yang lebih bisa menangkap kekompleksitasan di sana.

Tapi bagi masyarakat Indonesia yang memang sedari lama sudah beririsan langsung dengan budaya, tradisi dan masyarakat Arab, fakta ini mungkin tidak akan digali lebih jauh karena pada dasarnya film dari Arab sudah menjadi tontonan yang mengasikan.

Sebut saja film Where Do We Go Now?, West Beirut, The Yacoubian Building, ketiga film ini sudah mendapatkan banyak sekali penghargaan dari festival film internasional, yang tentunya bagi masyarakat di negara ini, ketiga film ini sangat seru untuk di tonton bersama keluarga.

Sedikit intermezzo, bahkan saking dekatnya dengan budaya Arab, saat menjelang Ramadan, pasti banyak sekali stasiun tv lokal yang menyiarkan keindahan Arab dan beragam makanan dan cara mereka berpuasa dan beribadah.

Hampir sering semua konten ini ditayangkan secara rutin di televisi, bahkan artikel-artikel yang menceritakan moment spesial tersebut pun bisa dicari dengan mudah.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Vision+ Akan Merilis Original Series Baru

Tapi semua faktor inilah yang justru membuat para penonton seperti memiliki tempatnya sendiri untuk film Arab dan semua produknya.

Ini menjadi fenomena yang pas apalagi jika melihat para keturunan Arab yang tinggal di negara ini dan memberikan dinamika Bhineka Tunggal Ika semakin terasa semakin baik.

Seperti yang dilakukan oleh Vision+ dalam serial tv online terbarunya yang berjudul “Arab Maklum“, series ini mengangkat kisah keluarga Arab yang masih melestarikan tradisi dan budayanya ditengah kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Vision+ Original ini akan tayang 24 Maret 2023, mari kamu catat tanggalnya dan jangan sampai terlewat untuk menonton series satu ini, karena pasti akan berhasil menghibur kamu disela-sela kegiatan dan puasa kamu.

 

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *